PERJALANAN NGEBLOG TAHUN 2015


Subhanallah wal hamdulillah, ada 51 postingan di blogku selama tahun 2015. Tidak banyak sebenarnya jika dibandingkan jumlah blogpost para blogger profesional. :) Tetapi...

Tahun ini adalah tahun yang luar biasa dalam perjalanan ngeblogku. Setelah tahun-tahun sebelumnya, blogku tak terurus dengan baik, tahun ini alhamdulillah blogku lebih terurus. Paling tidak, selalu ada postingan setiap bulannya. Meski sebenarnya aku belum bisa memenuhi target yang aku buat sendiri, yaitu minimal satu blogpost dalam satu minggu.

Kendala terbesar kenapa target minimal satu post satu minggu tidak terpenuhi sepertinya adalah kurang disiplin. :( Sedang alasan lain seperti: sibuk, anak-anak yang butuh perhatian, capek, dll, itu hanyalah alasan yang seharusnya bisa diatasi jika aku disiplin. 

Meski begitu aku tetap bersyukur. Aku belajar banyak tahun ini. Bergabung dengan komunitas, ternyata memang berpengaruh besar pada semangat ngeblogku. Kumpulan Emak2 Blogger (KEB), Warung Blogger (WB), Indonesian Hijab Blogger (IHB), Blogger Muslimah, sudah selayaknya aku berterima kasih pada komunitas blogger itu. Meski tidak aktif sebagai anggota, dalam arti hanya sekedar menjadi silent rider, alhamdulillah banyak ilmu yang aku peroleh. Syukron katsiron...

Selain itu, ikut lomba atau giveaway juga cukup efektif memompa semangat ngeblog. Maklum, aku ini blogger amatiran yang sering bingung mencari tema untuk ditulis di blog. Dengan ikut lomba/giveaway, tema kan sudah ditentukan ya... Jadi, kita tinggal mengembangkan saja. ;) Soal menang atau kalah, sudah tak terpikirkan lagi. Yang penting, menulis saja terus...

Blogwalking ternyata juga banyak menginspirasi bagi yang amatir macam aku. Setiap membaca tulisan yang bagus atau melihat tampilan blog yang keren, aku selalu tambah semangat mencari tahu. Dengan begitu, aku jadi tambah ilmu setelah berkunjung ke blog teman-teman.

Di tahun 2016 ini, aku tidak punya target muluk-muluk untuk blogku. Masih sama, semoga aku bisa konsisten menulis minimal satu tulisan dalam satu minggu di blog ini. Menulis apa saja, berbagi apa saja. Semoga target itu bisa terpenuhi tahun 2016 ini. Aamiin...



PERJALANAN NGEBLOG TAHUN 2015 PERJALANAN NGEBLOG TAHUN 2015 Reviewed by Ummi Nadliroh on Januari 01, 2016 Rating: 5

6 komentar:

  1. Setuju tentang blogwalking, bisa nambah inspirasi n ide. Tetap semangat ngeblog & berbagi ya, Mbak.. Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. aamiin... Semoga targetnya terpenuhi :)

    BalasHapus
  3. Bru mau belajar ngeblog, ga yakin jg sih bs nulis apa. soalna sehari2 cuma di rmh sj. ada tips bu ? tksh sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, sy ngeblog jg lebih banyak curhatnya. :)

      Hapus

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Diberdayakan oleh Blogger.