Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Mendapatkan Desain Blog Yang Menarik Pengunjung

Sumber: pixabay

Assalamu'alaikum, 

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti Kelas Persiapan Blog Profesional yang digawangi Mbak Carolina Ratri. Bagi saya sih, kelas ini bermanfaat banget. Meskipun saya sudah cukup lama ngeblog, tetapi biasanya saya hanya menulis sesuatu yang sedang terfikirkan saja. Kemudian saya share ke beberapa media sosial yang saya miliki. Tentang tampilannya, ya apa adanya bawaan blogger. Saya kurang mempunyai pengetahuan tentang desain blog.

Sebelum mengikuti kelas tersebut, saya suka penasaran kalau sedang berkunjung ke blog teman-teman. Kok apik banget ya? Punya saya... Lugu banget. Nah, ternyata memang ada ilmunya, biar tampilan blognya bagus. Meskipun tetap selera pemilik blog akan mempengaruhi, ya. 

Secara umum, menurut Mbak Carolina Ratri  untuk mendapatkan desain blog menarik, ada 5 hal wajib yang harus diperhatikan:

  • Background putih lebih disukai
Setuju banget dengan yang ini. Soalnya saya sendiri suka pusing kalau lihat blog dengan background warna-warni. Karena seringkali artikel yang ingin saya baca, jadi kurang jelas terlihat. Jadi, mata bekerja lebih keras dengan banyaknya warna itu. Sementara background putih dengan tulisan hitam, akan terasa lebih nyaman buat mata.

  • Pilih template dengan sidebar atau widget di sebelah kanan
Ini ternyata berpangaruh pada SEO, lho. Karena mesin pencari google itu membaca dari kanan. Dan meletakkan widget di sebelah kanan itu akan memudahkan google membaca. Ibarat tulisan tangan, kalau kita meletakkan artikel di sebelah kanan, oleh mesin pencari dibacanya jadi seperti tulisan cakar ayam yang susah dibaca. 

  • Pilih template yang responsif
Dulu, saya pernah pusing gara-gara tampilan blog saya beda antara di laptop dan smartphone. Tampilan di smartphone, tidak sebagus yang ada di laptop. Nah, template yang baik menurut Mbak Carolina, harus fleksibel dan bisa menyesuaikan lebar resolusi, baik di laptop, mobile, maupun tablet.

  • Loading cepat
Biasanya blog yang banyak gambar dan animasi nih, yang loadingnya lama banget. Sampai akhirnya yang mau berkunjung jadi males. Jadi, lebih baik memilih template yang clean dan minimalis biar loading lebih cepat. Pengunjung jadi krasan, deh.

  • User-friendly
Blog dengan navigasi baik, akan memudahkan pengunjung. Biar pengunjung gampang nguliknya. Mau cari artikel yang dibutuhkan jadi mudah karena letak sidebar, footer, menubar, ataupun menubar tambahan tidak membuat bingung pengunjung.

Setelah mengikuti kelasnya Mbak Carolina Ratri, saya jadi agak paham dengan desain blog yang baik. Jadi, mulailah saya otak-atik blog. Belum sempurna sih, tapi setidaknya lebih baik dari sebelumnya. Kayaknya sudah agak-agak sesuai kriteria lah. Haha...


"Tulisan ini diikutkan dalam Kompetisi Blog NgeblogPro bersama Carolina Ratri dan Febriyan Lukito, yang diselenggarakan oleh MB Communication - Indoblognet."


Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Mendapatkan Desain Blog Yang Menarik Pengunjung Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Mendapatkan Desain Blog Yang Menarik Pengunjung Reviewed by Ummi Nadliroh on November 09, 2018 Rating: 5

18 comments:

  1. Makasih infonya, done BW ��

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya mbak, bermanfaat banget nih buat saya yang baru saja aktif lagi nulis di blog, setelah bertahun-tahun blog terbengkalai, hehe..

    ReplyDelete
  3. Keren. Memang bener sih, setuju dengan ke 5 hal tersebut. Suka kesel kalau mau masuk ke blog teman, eh...lelet, nunggunya lama. Kalau enggak sabar bisa ditinggalin aja deh...

    ReplyDelete
  4. Makasih Mba Infonya. Ngebantu banget buat saya yang super newbie.

    ReplyDelete
  5. iya bner kalo soal design itu juga kudu diimbangi sama kecepeten buka page. aku pernah ganti trus dikomplen sama temen2. . akhirnya balik lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling mengganggu memang ya kalau loadingnya lama.

      Delete
  6. Wahh bermanfaat banget ilmunya mbak. Kemarin sempat mikir bagaimana caranya pakai infogrfis. Kalau begitu blog saya dah lumayan lah.
    Biar ndk bikin lemot pembacanya. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Ya betul, aku setuju, mbak :) Warna putih itu paling nyaman dengan tulisan hitam. Side bar di kanan harus tertata dan cantik ya biar enak dilihat juga. Kudu cari template yg loadingnya cepat biar pembaca ga kelamaan nunggu, sip.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah udah diaplikasikan semua tips diatas untuk desain blog saya...hanya sekarang lagi pingin ganti desain. bosen juga nggak ganti2 tampilan hehe

    ReplyDelete
  9. Aku paling gaptek utak-atik blog mbak. Memang yang background putih itu lebih enak buat baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga, Mbak. Ini karena ikut training jadi agak tahu. :)

      Delete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Powered by Blogger.